Nasional

Peran Pemuda di Era Globalisasi

Peran Pemuda di Era Globalisasi

Peran Pemuda di Era Globalisasi ,Masa depan Bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi muda Bangsa ini. Kaum Muda Indonesia adalah masa depan Bangsa ini. Karena itu, tiap tiap pemuda Indonesia, baik yang masih berstatus pelajar, mahasiswa ataupun yang telah selesaikan pendidikannya merupakan factor-faktor penting yang benar-benar diandalkan oleh Bangsa Indonesia di dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan juga mempertahankan kedaulatan Bangsa.

Peran Pemuda di Era Globalisasi Dalam upaya mewujudkan cita-cita dan mempertahankan kedaultan bangsa ini pasti dapat menghadapi banyak permasalahan, hambatan, rintangan dan apalagi ancaman yang mesti dihadapi. Masalah-masalah yang mesti dihadapi itu bermacam ragam. Banyak kasus yang timbul sebagai warisan masa lalu, kasus yang timbul saat ini maupun kasus yang timbul di masa depan negara kita.

Dengan masalah-masalah yang telah tersedia maupun yang dapat datang, penting bagi rakyat Indonesia, lebih-lebih kaum pemuda dan mahasiswa untuk membiasakan diri di dalam meningkatkan dan memperbaiki produktifitas kita sebagai Bangsa Indonesia .- Peran Pemuda di Era Globalisasi

Peran Pemuda di Era Globalisasi

Peran Pemuda di Era Globalisasi

I.PERANAN PEMUDA DAN MAHASISWA DALAM KEMAJUAN BANGSA (ERA DAHULU)

Di masa Reformasi, para pemuda lebih-lebih mahasiswa selamanya berperan di dalam perubahan negeri ini. Berbagai moment besar identik dengan peran pemuda dan mahasiwa didalamnya.

Dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, gerakan pemuda dan mahasiswa kerap jadi tombak perjuangan nasional. Beberapa Gerakan pemuda dan Mahasiswa yang dicatat di di dalam sejarah adalah sebagai berikut :

Budi Utomo

Sumpah Pemuda

Perhimpunan Indonesia

Peristiwa Rengasdengklok

Gerakan perjuangan pemuda dan mahasiswa sebagai control pemerintahan dan control social terus berkembang pesat, hingga terjadi Tragedi Trisakti yang merupakan gerakan perjuangan pemuda dan mahasiswa. Gerakan ini menuntut reformasi perubahan pemerintahan yang KKN ( korupsi, kolusi dan Nepotisme ) dan memaksa Presiden Soeharto untuk turun berasal dari jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia.

Sejarah panjang gerakan pemuda dan mahasiswa merupakan tidak benar satu bukti eksistensi dan tanggung jawab sebagai rakyat Indonesia di dalam beri tambahan perubahan dan memperjuangkan keperluan rakyat Indonesia.

  1. PERANAN PEMUDA DAN MAHASISWA DALAM KEMAJUAN BANGSA (ERA SEKARANG)

Generasi muda adalah generasi harapan bangsa. Pernyataan ini dapat benar-benar membanggakan bagi penduduk Indonesia seandainya dapat jadi kenyataan. Akan tetapi, faktanya memperlihatkan bahwa generasi muda di Indonesia waktu ini condong mencemaskan perilakunya bagi kelanjutan masa depan bangsa ini.

Hal ini dapat diamati berasal dari banyaknya kasus yang terjadi terhadap generasi muda antara lain kasus narkoba, kejahatan, pergaulan bebas dan lain sebagainya. Peranan pemuda dan mahasiswa tentu saja masih benar-benar dibutuhkan untuk regenerasi di dalam mewujudkan dan melanjutkan cita-cita bangsa ini yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan terdahulu.

Peranan pemuda dan mahasiwa muncul telah jadi terarah ke gerakan pemuda dan mahasiswa terhadap zaman reformasi. Bisa kita lihat terhadap moment Kenaikan BBM kemarin. Unjuk rasa pemuda dan mahasiswa muncul anarkis. Jika Kenaikan Harga BBM benar-benar terjadi, dapat saja unjuk rasa pemuda dan mahasiswa jadi unjuk rasa besar-besaran, layaknya Tragedi Trisakti terhadap zaman reformasi.

Peran Pemuda di Era Globalisasi Dilihat berasal dari aspek positifnya, guna pemuda terhadap kemajuan bangsa telah membaik, seandainya dengan memenangkan kompetisi antar negara. Dengan pemuda jadi pemenang atau hanya berpartisipasi, itu telah jadi guna di dalam keinginan bangsa.

Please ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *