teknik workshop

EFT (Emotional Freedom Therapy)

EFT (Emotional Freedom Therapy)

EFT (Emotional Freedom Therapy)

EFT (Emotional Freedom Therapy) Terapi ini bisa juga disebut dengan Tapping Therapy atau terapi ketuk. Maksud dan tujuan terapi ini adalah merubah pola berpikir para pelajar dengan stimulasi ketukan tertentu yang menghasilkan pola piker atau sudut pandang baru dalam pikirannya.

EFT (Emotional Freedom Therapy) merupakan versi lain berasal dari akupuntur namun dalam akupuntur mengfungsikan jarum sedang EFT cuma mengfungsikan dua jari, yaitu ujung jari telunjuk dan jari sedang dengan laksanakan ketukan mudah (tapping) terhadap titik-titik meridian.

Sebelum laksanakan tapping (ketukan), terlebih dahulu kita wajib memilih persoalan apa yang sedang dialami, apakah persoalan fisik atau emosi? Dan bagaimana uraian berasal dari rasa sakit itu?

Kalau saya sendiri persoalan yang dihadapi dikala pertama kali laksanakan terapi ini adalah masalah fisik yaitu bersin-bersin akibat alergi dingin dan debu.

Pada peluang ini saya dapat berbagi pengalaman terhadap kamu dikala pertama kali coba mengfungsikan metode pengobatan ini. Sebelum laksanakan tapping, perihal pertama yang saya laksanakan adalah membawa dampak kata-kata setup yang perihal dengan persoalan saya di atas.

Kalimat setupnya seperti ini : “Meskipun saya menderita bersin-bersin yang sangat kronis karena alergi dingin dan debu, saya menerima dan mencintai diri saya seutuhnya”.

Kalimat setup ini wajib dihafal agar sanggup lebih fokus pas laksanakan tapping.

Langkah setelah itu adalah mengucapkan kata-kata setup di atas dengan penuh perasaan,

kemudian saya laksanakan ketukan terhadap Karate Chop (titik meridian yang berada di bawah pangkal jari kelingking, jaraknya kurang lebih selebar dua jari berasal dari pangkal jari kelingking) sebanyak tiga kali.

Pada pas tapping, saya berkonsentrasi  penuh terhadap persoalan saya tadi (bersin-bersin) atau dengan kata lain terhadap pas saya laksanakan tapping (mengetuk),

saya memikirkan seakan-akan bersin-bersin saya itu diketuk dengan kedua ujung jari tangan saya.

Jadi intinya adalah kapabilitas berkonsentrasi, fokus atau merasakan sungguh-sungguh persoalan yang sedang kita menghadapi sambil laksanakan ketukan.

Sebaiknya sebelum saat laksanakan tapping, kuku jari telunjuk dan sedang dipotong untuk jauhi luka goresan terhadap titik-titik meridian dan laksanakan ketukan mudah saja. Saya laksanakan tapping terhadap Karate Chop ini sebanyak sepuluh kali.

EFT (Emotional Freedom Therapy)

Setelah itu tarik napas panjang melalui hidung dan hembuskan melalui mulut secara perlahan-lahan sebanyak tiga kali. Langkah setelah itu saya laksanakan tapping terhadap titik-titik meridian di alis mata, segi mata/pelipis, di bawah mata, di bawah hidung yaitu di antara bibir bawah dan dagu, tulang selangka dan di bawah lengan.

Masing-masing titik ini saya tapping sebanyak 7 – 10 kali sampai lebih dari satu putaran. Prosedurnya nyaris mirip di atas, di sini saya jelaskan sebagai uraian saja sesuai pengalaman saya. (Patrisihayuningsih)

Kelebihan EFT (Emotional Freedom Therapy) dibandingkan tehnik terapi lainnya adalah :

  • Menyembuhkan bersama amat cepat. Anda tidak mesti menghabiskan pas berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk menyembuhkan masalah emosional yang bisa lenyap di dalam hitungan menit atau jam bersama EFT.
  • Sering kali EFT hanya membutuhkan satu atau dua sesi saja untuk memperoleh kesembuhan, dan kadang waktu terjadi bersama seketika.
  • Begitu emosi negatif telah bisa dihilangkan bersama EFT, maka masalah-masalah fisik merasa hilang bersama sendirinya. Menurut pengalaman para pengguna EFT, sakit migraine puluhan tahun, sakit punggung, kanker dan gejala-gejalanya, komplikasi ginjal, lever, dan maag bisa membaik tidak cukup berasal dari dua minggu.
  • Walaupun EFT tidak bekerja 100%. Tetapi kebanyakan bekerja baik dan hasilnya kadang waktu spektakuler.
  • EFT (Emotional Freedom Therapy) amat lembut dan kerap mencapai pengobatan bersama sedikit atau tidak ada rasa sakit mirip sekali.
  • Tidak membutuhkan alat bantu peraga, jarum, obat-obatan, herbal.
  • Didukung oleh sejumlah penelitian ilmiah
  • Digunakan oleh lebih berasal dari 100.000 praktisi di penjuru dunia
  • EFT amat simple dan ringan dipelajari, lebih-lebih anak-anak pun bisa melaksanakan tehnik EFT sendiri.
  • Teknik pengobatan konvensional hanya mengatasi hambatan fisik. Tapi EFT bisa mengatasi baik hambatan-hambatan fisik dan emosional.
  • EFT bisa dijalankan dimana saja dan kapan saja.
  • EFT berbentuk sesuai dan tidak bertentangan bersama pengobatan medis. Tetapi EFT bisa menopang percepatan proses pengobatan medis.
  • Dapat digunakan untuk menterapi diri sendiri dan orang lain
Please ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

1 thought on “EFT (Emotional Freedom Therapy)

  1. […] SEFT adalah salah satu varian (bentuk) berasal dari “Energy Psychology” satu teknologi baru yang menggabungkan “kekuatan spiritual, pengetahuan kedokteran China kuno dan psychology modern”, untuk melakukan penyembuhan fisik maupun emosi secara instan, amat ringan dan amat cepat. SEFT merupakan versi spiritual berasal dari EFT yang diciptakan oleh Gary Craig (USA) .jika kalian belum membaca apa itu EFT baca Disini […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *