Sosial

7 Cara Efektif Mengatasi Masalah Keluarga Pada Remaja

Cara efektif Mengatasi Masalah Keluarga

7 Cara Efektif Mengatasi Masalah Keluarga Pada Remaja

Masalah di sekolah dan keluarga sering melatarbelakangi permasalahan remaja itu sendiri.bagaimana Cara efektif Mengatasi Masalah Keluarga?

Hal ini dulu juga saya alami sendiri dimana saat kelas 5SD oerang tua saya harus bercerai yang mengakibatkan kurangnya perhatian orang tua yang sibuk bekerja dan tidak tinggal serumah dengan ayah atau ibu kita.

Atau bahkan bisa jadi si remaja ini mengalami masalah dengan teman di sekolahnya. Masalah di sekolah bisa jadi karena si remaja ini mengalami buliying.

Untuk mengatasi permasalahan ini sebaiknya harus ada pembicaraan intens antara pihak sekolah juga orang tua, dan melakukan komunikasi dengan remaja atau pelajarnya.

Mengetahui permasalahan remaja sejak dini dan segera melakukan tindakan antisipasi agar tak berlanjut pada permasalahan remaja yang kompleks seperti yang telah disebutkan di atas.

Tentu masih banyak lagi masalah yang menimpa remaja dan pelajar kita namun paling tidak uraian diatas telah mewakili garis besar masalah yang tengah dihadapi anak didik kita

Disekolah pada kebanyakan selalu disibukan dengan masalah-masalah yang berjalan pada anak. Hampir tiap hari tersedia saja kejadian yang perlu ditangani. Baik itu yang berupa spesial atau umum (kelas). dan tidak tau bagaimana Cara Efektif Mengatasi Masalah Keluarga

Beberapa kasus yang kerap berjalan adalah :

  •     Perkelahian
  •     Pencurian
  •     Malak (minta uang secara paksa)
  •     Merusak sarana
  •     Bolos
  •     Pakaian/seragam

Kenapa kasus berikut dapat terjadi? beberapa yang dapat membawa dampak perihal berikut Diantaranya :

  •     Kegiatan Belajar Mengajar tidak cukup begitu aktif
  •     Kurang terdapatnya pengawasan berasal dari semua guru
  •     Peraturan dan tata tertib siswa yang belum dibuat atau tidak dilaksanakan dengan baik
  •     Tidak terdapatnya kesadaran berasal dari anak untuk merawat dan rasa punyai pada fasilitas di sekolah
  •     Terlalu banyak celah untuk bolos
  •     Pergaulan yang tidak wajar

Cara efektif Mengatasi Masalah Keluarga

Melihat kasus tersebut, sepertinya amat banyak ruang bagi anak untuk laksanakan hal-hal yang negatif atau merugikan anak yang lain. Sehingga wajar saja kalau tiap-tiap hari kita perlu menanggulangi kasus yang dapat mengambil sementara kita sebagai pendidik.

Beberapa solusi untuk menanggulangi kasus tersebut, diantaranya :

Pada dasarnya tiap-tiap guru mempunya jam mengajar yang cocok dengan jadwalnya.

Seandainya tanggung jawab ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, maka beberapa kasus dapat dapat diatasi. Jika aktifitas KBM berjalan dengan baik, maka tidak dapat tersedia celah bagi anak untuk laksanakan perihal yang dapat merugikan orang lain. Karena anak dapat selalu disibukan dengan proses belajar.

Pengawasan pada anak bukan saja menjadi tanggung jawab Kesiswaan atau Pembina OSIS, tetapi merupakan tanggung jawab semua unsur yang terlibat di sekolah.

Baik itu guru atau staf Tata Usaha.  Apalagi sekolah berikut punyai siswa yang banyak. Disini dituntut semua pihak lingkungan sekolah untuk selalu pro aktif di dalam laksanakan pengawasan.

Tidak terdapatnya tata tertib siswa yang dibuat atau dijalankan, perihal ini terhitung dapat sedikit menambahkan peluang terjadinya kasus antar anak.

Tata tertib dibuat untuk menjamin terpeliharanya kehidupan sekolah yang menunjang pelaksanaan kegiatan studi mengajar secara baik.

Memberi landasan dan pedoman bagi siswa untuk berprilaku di dalam kehidupan sehari-hari. Memberi landasan dan pedoman bagi pemberi sanksi atas pelanggaran pada keputusan yang udah ditetapkan.

Sehingga kalau tata tertib ini dilaksanakan dengan baik, maka anak yang dapat laksanakan suatu tingkah laku yang tidak baik dapat berpikir lagi.

Memberikan bimbingan/penyuluhan yang berkesinambungan. Kegiatan ini perlu teratur dilaksanakan bukan cuma oleh guru BP, tetapi udah merupakan tanggung jawab kita semua sebagai guru atau pendidik.

Anak perlu terus di bekali perihal bagaimana perlu mencintai sekolahnya atau almamaternya, apa target utamanya sekolah.

Perlu peran aktif orang tua siswa di dalam mengawasi anak-anaknya.

Caranya, orang tua sekali-kali datang kesekolah atau dapat menanyakan segera kepada wali kelasnya. Tentang suasana anaknya. (sumber tiaragrasiatiara)

Cara menangani masalah didalam keluarga

masalah keluarga yang sedang dihadapi saat ini timbul bukan disebabkan berasal dari didalam keluarga, tetapi berasal dari aspek luar keluarga yang sesudah itu mengakibatkan situasi keluarga menjadi tidak nyaman.

Cara efektif Mengatasi Masalah Keluarga, ada beberapa langkah yang wajib di lakukan :

  1. Ketahui masalahnya.

Ketahui betul apa masalah keluarga yang sedang anda alami. Kita wajib sadar akar masalah yang menjadi penyebab masalah itu muncul. Sebab dengan begitu, Kita dapat sadar duduk masalah yang sebenarnya.

  1. Jangan larut didalam masalah.

Jangan biarkan kami larut pada masalah. Apalagi jikalau hingga kami tak sadar wajib berbuat apa. Fokuskan diri kami pada solusi yang wajib diambil.

Bolehlah jikalau itu merupakan masalah yang berat, untuk sejenak bersedih atau bahkan menangis supaya kami terasa lebih lega. Namun jangan sesudah itu masalah itu memenjarakan kehidupan kita. kami masih memiliki hari esok. Masih banyak yang wajib kami lakukan dan itu jauh lebih berarti. Sebab hidup ini indah!

  1. Cari solusi.

Setelah kami sadar apa masalahnya, sesudah itu cobalah cari beberapa alternatif solusi supaya masalah berikut sanggup terselesaikan. Dari beberapa alternatif solusi tersbeut, pikirkan mana solusi yang paling baik yang sanggup kami dahulukan. Dalam mencari solusi ini, tak wajib kami lakukan seorang diri, kami sanggup minta panduan pada orang lain.

  1. Minta dukungan saudara atau teman.

Jika masalah keluarga berikut tak sanggup diselesaikan sendiri ada baiknya minta dukungan saudara dan teman. Jangan buang saat untuk masalah yang tak sanggup anda atasi sendiri. Ceritakan bagaimana masalahnya, dan apa solusi yang dapat kami jalankan. Dan mintalah berperan untuk membantu didalam menangani masalah tersebut.

  1. Berdoa.

Ya, berdoalah pada-Nya mengenai masalah keluarga yang sedang kami hadapi. Tuhan adalah daerah berlabuh. Kepada-Nya segala urusan dan masalah diserahkan.

  1. Segera menyelesaikan masalahnya.

Tak baik memperlama-lama masalah. Jika kami sudah mantap dengan pilihan solusinya, segera ACTION.

Ya mungkin ada kalanya kami wajib tunggu saat yang tepat. kami boleh menentukan hal itu asal sadar kapan saat itu tiba. Jika sudah tiba, segeralah ACTION supaya masalah itu tak berlarut-larut.

  1. Ambil hikmahnya.

Setiap masalah tentu ada hikmahnya. Tak jikalau masalah keluarga. Jadikan itu sebagai bagian berasal dari pembelajaran hidup yang kami lalui. Itu tentu dapat mengakibatkan kami lebih tenang dan matang didalam mengarungi hidup.

Dalam hidup, masalah itu pastilah senantiasa ada. Tak pandang bulu apakah kami orang kaya atau orang biasa. Namun bukan masalahnya yang penting, tetapi bagaimana sikap kami hadapi masalah itulah yang jauh lebih penting.

oke cukup sekian kita membahas mengenai 7 Cara Efektif Mengatasi Masalah Keluarga pada remaja semoga bisa bermanafaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *